yang penting bagi pendaki pemula!!!

dokumen MAPASTIEB
Kegiatan mendaki gunung merupakan petualangan yang memiliki banyak manfaat, seru, dan menyenangkan. Dalam sebuah pendakian memerlukan banyak persiapan, terlebih untuk pendaki pemula. Pendaki pemula terkadang menganggap pendakian merupakan sebuah rekreasi alam biasa. Hal itulah yang harus kita hindari, karena di dalam sebuah pendakian kita akan berhadapan dengan alam seacara langsung, yang sampai kapanpun tak akan bisa kita kalahkan. Menyatu dan bersahabat dengan alamlah jalan terbaik yang bisa kita lakukan saat berada di alam bebas. Ditambah dengan persiapan yang matang pula tentunya, hehehe......!


Inilah hal penting yang perlu kita siapkan!!!

Mental dan Fisik

mapastiebb
dokumen MAPASTIEBB

Mental dan fisik merupakan modal paling krusial dalam sebuah pendakian. Setiap individu tentunya memiliki mental dan fisik yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Untuk itulah kita harus mempersiapkan mental dan fisik sebelum melakukan pendakian.
Latihan fisik diperlukan untuk meningkatkan ketahanan tubuh. Dengan ketahanan tubuh yang baik diharapkan kita dapat mengatasi segala rintangan yang ada, udara dingin, jalur yang terjal dan cuaca yang sering berubah. Latihan fisik minimal dimulai dari seminggu sebelum pendakian dimulai, tentu porsi latihannya juga harus diperkirakan dengan gunung yang akan didaki, semakin tinggi gunung maka semakin lama dan keras pula latihannya. Dan yang lebih penting dari ketahanan tubuh adalah persiapan mental. Yang dimaksud dengan persiapan mental dalam kegiatan ini bukanlah sekedar keberanian ataupun kenekatan tapi lebih pada kenyakinan, kemauan dan tahu apa yang akan dihadapi. Dengan kenyakinan kita akan selalu berpikir positif, dari kemauan kita dapat melewati rintangan yang menanti,  dan dengan tahu apa yang akan dihadapi kita dapat membuat rencana yang tepat. Dengan melatih fisik dan mencari informasi tentang pendakian, kita dapat meningkatkan mental kita.

“Fisik merupakan bagian penting dari pendakian, dan mental merupakan faktor/pondasi yang menentukan keberhasilan pendaki”

Informasi Tentang Gunung yang Akan Didaki

www.google.com

Segala informasi tentang gunung yang akan kita daki sangat berguna untuk persiapan yang akan dilakukan. Dari tekstur medan pendakian, tinggi, lama pendakian yang biasa dilakukan, bascamp dan sebagainya. Informasi tersebut bisa kita dapat melalui internet, buku maupun orang yang sudah berpengalaman. Dengan informasi yang lengkap kita dapat mempersiapkan/merencanakan pendakian kita dengan lebih baik dan matang.

“Informasi merupakan langkah awal sebuah petualangan” 

Peralaatan Pendakian

www.google.co.id

Perlatan pendakian biasannya dibagi menjadi dua jenis yaitu peralatan kelompok dan pribadi. Dalam persiapan peralatan kita dapat menyesuaikan dengan kondisi dan ketingian gunung. Misal, untuk pendakian gunung yang tingginya 2.500 mdpl keatas diwajibkan menggunakan sleeping bag dan untuk ketinggian gunung yang kurang dari 2.500 mdpl dapat disesuaikan berdasarkan kemampuan tubuh, tingkat ketahanan tubuh dalam menahan dingin. Usahakan membawa peralatan yang efisien dan efektif. Contohnya, gelas dan piring stainless steel yang dapat dialih fungsikan menjadi wajan maupun  panci untuk memasak air, ataupun alat-alat yang mempunyai funsi ganda lainnya. Dengan alat-alat yang mempunyai fungsi ganda, berarti alat yang kita bawa menjadi lebih sedikit dan akan berdampak pada lebih ringannya beban yang kita bawa. Ada catatan penting bagi pendaki yang harus diperhatikan tetang setiap peralatan yang ia bawa, yaitu kita harus tahu fungsi dan penggunaan peralatan yang kita bawa. Nggak lucukan!!!, jika kita udah repot-repot membawa peralatan sampai atas eh! Ternyata kita tidak tau cara makainya apalagi kalau itu tenda, bisa kaku kedinginan kita hahaha......!

“Alat akan selalu membantu kita dalam berpetualang. Namun, hanya akan menjadi beban, jika tidak tahu cara menggunakannya” 

Logistik

dokumen MAPASTIEBB

Untuk logistik kita harus menyesuaikan dengan waktu/lama pendakian, semakin lama pendakian maka semakin banyak pula logistik yang perlu untuk dibawa ditambah logistik cadangan. Bawalah makanan yang sekirannya dapat memenuhi kalori tubuh saat proses pendakian. Beras, coklat, madu, susu, roti ataupun makanan dan minuman yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh kita.

P3K dan Obat-obatan Pribadi

www.google.com

Item pendakian yang satu ini memang penting untuk dibawa terlebih lagi obat pribadi jika kita mempumyai kelemahan yang berhubungan dengan kesehatan tubuh kita. Sayangnya pendaki pemula tidak memperhatikan hal ini. Mungkin, karena tidak merasa siap dan menganggap  tubuh dalam kondisi yang fit dan mampu untuk menempuh kondisi apapun. Inilah yang membahayakan diri kita sendiri, karena saat kita di atas gunung kita tidak akan tahu dengan apa yang akan terjadi. Maka untuk kita para pendaki pemula, mari kita perhatikan kesehatan kita saat di atas gunung agar selalu fit.

Kenali Kemampuan Diri

www.google.com

Dengan mengerti kemampuan diri, kita akan lebih bisa menage dan menjaga kondisi tubuh kita. Contohnya, disaat dalam perjalanan menuju kepuncak kita harus tahu kapan harus beristirahat dan kapan mulai berjalan kembali atau apa kelemahan tubuh kita dan apa yang dapat menanggulangi kelemahan tersebut.


Daki-lah Gunung Dengan Ketinggian yang Rendah

gunung andong, andong
dokumen Hikampelaut 

Pendakian gunung dengan tingkat ketinggian yang rendah diperlukan untuk mendapat pengalaman mendaki.  Dari pengalaman mendaki gunung yang rendah maka kita akan bisa memperkirakan ataupun mendapatkan gambaran tentang pendakian dengan tingkat ketinggian gunung yang lebih.

Sebenarnya, saya sendiri masih termasuk dalam jajaran pendaki pemula. Tapi, setidaknya kita dapat menjadi pemula dengan kemampuan yang mendekati seorang pro, atau paling tidak kita bisa menjadi seorang Ace. hahaha! bercanda semua itu butuh proses.....,

1 comments:

Kalau aku mendaki gunung sebagai seorang pemula bagaimana caranya untuk mempersiapkan peralatan sebelum mendaki?